Senin, 29 April 2013

Mengamati dari Balik Jendela

Diposting oleh Crazier di 02.46


Memandang Lurus ke Luar Jendela

Aku hampir dapat mengamati seluruhnya dari balik jendela ini. Semua kegiatan yang orang lakukan aku dapat memantaunya dari sini. Bahkan aku dapat melihat burung burung terbang bebas tanpa takutnya untuk jatuh. Dengan beraninya mereka mengepakkan sayap dan terbang, tidak takut untuk terjatuh. Mereka berani mengambil resiko atas apa yang mereka lakukan. Ya asal apa yang mereka lakukan sesuai dengan takdirnya sebagai burung. Ya burung. Terbang bebas di angkasa yang merupakan kewajiban dan hak nya sebagai burung.

Entah senang sekali aku melihat burung itu.  Aku sangat senang mengamati mereka terbang, mencari makanan, walaupun resiko yang dihadapi adalah dia bisa saja dimangsa hewan lain, ya selayaknya hukum alam. Yang lemah pasti akan kalah.  Tapi mereka berani karena itu memang sudah tugasnya. Mereka harus hidup. Dan mereka juga ingin tumbuh sukses. Bukan sukses seperti kita manusia. Tetapi sukses yang nilainya sebagai burung.

Tapi dari balik jendela ini aku merasa malu. Aku bisa mengamati semua hal yang terjadi. Termasuk aktivitas manusia yang sehari hari dilakukan. Dan aku juga bisa melihat rumah dan mobil mewah disekitarnya. Ya melihatnya membuat ku ingin memilikinya. Tapi disisi lain akupun dapat melihat tukang sapu yang terjatuh entah karena kelelahan atau ia menyandung sesuatu pada saat menyapu. Dan kulihat orang itu kesakitan.

Hal itu yang membuatku bingung. Jika aku beranjak keluar dan tak lagi memandang dari jendela. Apakah yang kudapatkan. Apakah aku bisa meraih impianku. Atau aku harus menerima kesengsaraan atas tindakanku. Aku tak tahu, aku terlalu takut untuk keluar dan mecobanya.

Aku sering mendengar kata “Don’t be afraid to try something”. Tapi apakah yang mengatakan hal itu tidak memikirkan apa yang kita dapat pada saat kita melakukan “something new” apakah mereka tak takut aku berbagai resiko yang mungkin di dapat atas setiap perbuatannya?

Tapi kurasa aku menemukan jawaban dari pertanyaanku. Aku tidak akan tau kalo aku tak mencoba. Asal apa yang kita lakukan benar resiko yang di ambil pun sekalinya terjadi itu akan menjadi sebuah pembelajaran agar kita tak mengulangnya lagi. Agar kita tidak jatuh ke jurang yang sama. Dan dapat terus melangkah dengar belajar dari hal kecil yang tak bisa kita lakukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Everything Happy Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos

Pink Cherry